Untuk menjamin tersedianya tegangan pengapian yang tetap
tinggi maka diperlukan sistem yang akurat. Sistem pengapian tegangan
tinggi menghasilkan percikan bunga api di busi. Sumber tegangan pada
sepeda motor dapat berasal dari:
Pengapian Langsung
Bentuk yang paling sederhana sumber tegangan pengapian
adalah dengan menyediakan source coil (koil sumber pengapian) yang
tergabung langsung dengan generator utama (alternator atau flywheel
magneto). Keuntungannya adalah sumber tegangan tidak dipengaruhi
oleh beban sistem kelistrikan mesin. Sedangkan kekurangannya adalah
pada kecepatan mesin rendah, seperti pada saat menghidupkan
(starting) mesin, tegangan yang keluar dari koil sumber berkemungkinan
tidak cukup untuk menghasilkan percikan yang kuat.
Arus listrik yang dihasilkan oleh alternator atau flywheel magneto
adalah arus listrik AC (Alternating Currrent). Prinsip kerja alternator dan
flywheel magneto sebenarnya adalah sama, perbedaannya hanyalah
terletak pada penempatan atau konstruksi magnetnya. Pada flywheel
magneto bagian magnet ditempatkan di sebelah luar spool (kumparan).
Magnet tersebut berputar untuk membangkitkan listrik pada spool
(kumparan) dan juga sebagai roda gila (flywheel) agar putaran poros
engkol tidak mudah berhenti atau berat. Sedangkan pada alternator
magnet ditempatkan di bagian dalam spool (kumparan).
Pembangkit listrik AC pada sepeda motor baik model alternator
ataupun model flywheel magneto terdiri dari beberapa buah kumparan
kawat yang berbeda-beda jumlah lilitannya sesuai dengan fungsinya
masing-masing, dan akan menghasilkan arus listrik apabila ada kutubkutub
magnet yang mempengaruhi kumparan tersebut. Kutub ini didapat
dari rotor magnet yang ditempatkan pada poros engkol, dan biasanya
dilengkapi dengan empat atau enam buah magnet permanen dan arus
listrik AC yang dihasilkan dapat berubah-ubah sekitar 50 kali per detik (50
cycle per second)
Pengapian Baterai
Selain dari sumber tegangan langsung di atas terdapat juga
sumber tegangan alternatif dari sistem kelistrikan utama. Sistem ini
biasanya terdapat pada mesin yang mempunyai sistem kelistrikan di
mana baterai sebagai sumber tegangan sehingga mesin tidak dapat
dihidupkan tanpa baterai. Hampir semua baterai menyediakan arus listrik
tegangan rendah (12 V) untuk sistem pengapian.
Dengan sumber tegangan baterai akan terhindar kemungkinan
terjadi masalah dalam menghidupkan awal mesin, selama baterai,
rangkaian dan komponen sistem pengapian lainnya dalam kondisi baik.
Arus listrik DC (Direct Current) dihasilkan dari baterai
(Accumulator). Baterai tidak dapat menciptakan arus listrik, tetapi dapat
menyimpan arus listrik melalui proses kimia. Pada umumnya baterai yang
digunakan pada sepeda motor ada dua jenis sesuai dengan kapasitasnya
yaitu baterai 6 volt dan baterai 12 volt.
Di dalam baterai terdapat sel-sel yang jumlahnya tergantung pada
kapasitas baterai itu sendiri, untuk baterai 6 volt mempunyai tiga buah sel
sedangkan baterai 12 volt mempunyai enam buah sel yang berhubungan
secara seri dan untuk setiap sel baterai menghasilkan tegangan kurang
lebih sebesar 2,1 volt. Sementara untuk setiap sel terdiri dari dua buah
pelat yaitu pelat positif dan pelat negatif yang terbuat dari timbal atau
timah hitam (Pb). Pelat-pelat tersebut disusun bersebelahan dan diantara
pelat dipasang pemisah (Separator) sejenis bahan non konduktor dengan
jumlah pelat negatif lebih banyak dibandingkan dengan pelat positif untuk
setiap sel baterainya. Pelat-pelat ini direndam dalam cairan elektrolit (H2SO4). Akibat
terjadinya reaksi kimia antara pelat baterai dengan cairan elektrolit
tersebut akan menghasilkan arus listrik DC (Direct Current). Adapun
reaksi kimia yang terjadi adalah sebagai berikut :
PbO2 + H2SO4 + Pb Pb SO4 + H2O + PbSO4
PbO2 = Timah peroksida
PbSO4 = Sulfat Timah
H2SO4 = Cairan Elektrolit
H2O = Air
Jika baterai telah digunakan dalam jangka waktu tertentu maka
arus listrik yang tersimpan di dalam baterai akan habis, oleh sebab itu
diperlukan sistem untuk melakukan pengisian kembali. Sistem pengisian
ini memanfaatkan arus dari kumparan yang terlebih dahulu disearahkan
dengan menggunakan penyearah arus yang disebut dengan Cuprok
(Rectifier).
Reaksi yang terjadi pada saat pengisian baterai adalah sebagai
berikut :
Pb SO4 + H2O + PbSO4 PbO2 + H2SO4 + Pb.
Description: Sumber Tegangan Tinggi Pada Sepeda MotorRating: 4.5 Reviewer: Khamid Q ItemReviewed: Sumber Tegangan Tinggi Pada Sepeda Motor
0 komentar:
Posting Komentar